Feeds:
Posts
Comments

Archive for May, 2008

Produsen dan User

Dua pekan ini (tiap sabtu), saya disibukkan dengan recruitment guru di SD Muhammadiyah Plus Mojokerto… Cukup rumit ternyata mengelola lembaga pendidikan…Benar apa yang dikatakan pak Eko Indrajit dari Aptikom yang mengatakan bahwa lembaga yang paling kompleks adalah Perguruan Tinggi (nomor dua setelah Rumah Sakit)… Sehingga, kalo seseorang sukses memimpin di suatu lembaga Perguruan Tinggi, maka dia tentu akan sukses jika memimpin suatu perusahaan.
lah… apa hubungannya dengan recruitment guru? Gak nyambung yach??? Kayaqnya hampir semua lembaga pendidikan punya sistem yang sama deh… Kali ini saya bener-bener bingung… dari tahap pertama seleksi yaitu tes tulis, dilanjutkan tes team work, kemudian tes komputer, tes wawancara (tahap I), dan terakhir tes microteaching (tahap II)… belum ada satupun yang memenuhi harapan saya (dan tim penyeleksi tentunya 😉 )… Yang membuat saya heran dan sedih.. dari sekian pelamar (49 orang)… kemudian terseleksi ke tes tahap I sebanyak 21 orang dan ke tahap II sebanyak 7 orang… yang semuanya adalah lulusan S1 dari perguruan tinggi yang namanya sudah tidak diragukan lagi, ternyata tidak bisa dijadikan patokan sebagai jaminan kualitas seorang guru SD… dengan kata laen, value yang saya harapkan dari pelamar lulusan S1, belum memenuhi harapan saya… apa yang bisa saya lakukan sekarang??… Ya… rasa-rasanya ini juga adalah tanggung jawab saya sebagai dosen untuk mencetak value sesuai harapan pasar… (eh..iya tohhhh baru nyadar juga neh sekarang 😉 ) ya.. itulah kalo seorang AMI bertindak sebagai produsen sekaligus user dari lulusan S1…

Read Full Post »

unique character

Setelah sekian lama saya hidup (ceile…. sok tua), saya sudah mengamati beberapa karakter manusia yang sepertinya memang sangat beragam… Karena keseharian saya ada di lingkungan mahasiswa, siswa sd, dan anak-anak saya.. maka karakter unik yang saya amati dan saya tulis di sini ya sekitar mereka tentunya.
Beberapa hal yang sempet saya catat sebagai karakter unik mahasiswa adalah:
* Mahasiswa itu… kalo disuruh mikir malah ngarang, kalo disuruh ngarang justru mikir…. weh…
Karakter ini saya survey dari hasil beberapa kali saya mengadakan quiz on line..
* Mahasiswa itu… kalo makan pagi kesiangan, kalo makan siang kemaleman, kalo makan malem ketiduran… intinya… mahasiswa itu makan sesempatnya… dan seadanya… dan jan-jane, kapan mereka makan?
karakter ini saya dapatkan dari survey di Ye em.
* Mahasiswa itu … sekarang gak ingat, besok lupasekarang gak bisa, besok belum diajarin .. 😀
karakter ini saya dapatkan ketika saya mengajar dan melontarkan pertanyaan ke mahasiswa..

Sedangkan karakter unik anak-anak adalah:
# kalo berkumpul malah berantem, tapi kalo dipisahkan justru kangen…
karakter ini dari hasil pengamatan kedua anak saya…
# kata-kata “jangan” bukan berarti larangan tetapi malah perintah…
Karakter ini saya dapat dari hasil pengamatan anak-anak SD di sekolah yang saya pimpin.. so.. kalo mau melarang anak-anak, buatlah kalimat yang mereka sendiri akan melarang diri sendiri… waduh 😕
Hayo.. gimana kira-kira membuat kalimatnya yach…

Read Full Post »

Who is my angel?

Seorang bayi yang siap dilahirkan ke dunia, bertanya kepada Tuhan:

bayi :“Para malaikat di sini mengatakan bahwa Engkau akan mengirimku ke dunia…tetapi bagaimana caraku hidup disana? Aku begitu
kecil & lemah?”.

Tuhan : “Aku telah memilih satu malaikat untukmu. Ia akan menjaga & mengasihimu”.
bayi : “Tapi… di sini… di dalam surga.. aku selalu bernyanyi dan tertawa… Ini sudah cukup bagiku untuk berbahagia”.
Tuhan : “Malaikatmu akan bernyanyi dan tersenyum untukmu setiap hari. Dan kamu akan merasakan kehangatan cintanya dan menjadi lebih berbahagia”.
bayi : “Dan bagaimana caraku memahami dan bercakap-cakap… jika aku tidak mengerti bahasa mereka??”
Tuhan : “Malaikatmu akan bercakap kepadamu dengan bahasa yang paling indah yang pernah kamu dengar; dan dengan penuh
kesabaran dan perhatian, dia akan mengajarkan bagaimana cara kamu bercakap”.
bayi : “Apa yang akan aku lakukan saat aku ingin berbicara kepadaMU?”
Tuhan : “Malaikatmu akan mengajarkan bagaimana cara berdoa”.
bayi : “Aku mendengar bahwa di bumi banyak orang jahat… Siapa yang akan melindungi aku?..”
Tuhan : “Malaikatmu akan melindungimu.. meskipun itu dapat mengancam jiwanya…”
bayi : “Tapi… aku akan merasa sedih karena tidak melihatMu lagi…”
Tuhan : “Malaikatmu akan menceritakan padamu tentang Aku… dan akan mengajarkan bagaimana kamu kembali kepadaKu, walaupun
sesungguhnya …Aku selalu berada di sisimu…”

Saat itu… surga begitu tenangnya.. sehingga suara dari bumi dapat terdengar.. dan sang bayi bertanya perlahan..

bayi : “Tuhan… jika aku harus pergi sekarang…. bolehkah Kamu memberitahuku nama malaikat tersebut??”
Tuhan : “Kamu akan memanggil malaikatmu dengan……………… IBU…..”

Ingatlah selalu kasih sayang ibu,.. berdoalah untuknya dan cintailah dia sepanjang masa….

Thanks to.. KPI Al Falah Surabaya…

Read Full Post »

Siluman Moodle Quiz

Meskipun sudah ketiga kalinya ini saya berkutat dengan quiz on line menggunakan moodle quiz, tapi masih saja ada kesalahan dan kerepotan dibuatnya. Mulai dari pembuatan soal yang harus lebih sederhana karena fasilitas equation yang tidak disediakan di moodle quiz, sampe pemisahan materi quiz. Maklum…. materi kali ini agak lebih banyak persamaan matematisnya daripada sebelumnya. Yah.. dengan sedikit dibolak-balik, akhirnya soal quiz siap diketik secara on line
Role-role sudah saya tentukan, soal diketik dalam bank soal.. ketak-ketik ketak-ketik.. dan…. saya select soal sesuai materi yang sudah saya umumkan ke mahasiswa yaitu vektor… dan.. klik preview.. waduh.. soal matriks koq ikut dalam quiz 2? Back ke bank soal, satu-satunya cara adalah menghapus soal matriks. Sudah… langsung upload ke kelas A.. preview lagi.. sudah ok.. dan langkah berikutnya, import data quiz dari kelas A ke kelas B, C, D, E, dan F.
Saat quiz berlangsung.. ternyata banyak complain.. soal quiz masih tercampur dengan materi matriks.. woalah.. sia-sialah quiznya..padahal sempet tertunda sehari.. dan keputusannya.. quiz harus diulang lagi… hari Jumat.
Dari sejak hari Rabu, saya sudah kepikiran tentang soal quiz.. kenapa ya.. masih belum bisa saya pisahkan materinya? dan sampe Kamis malam, detik-detik terakhir sangat membingungkan saya, ditambah lagi sakit lengan kanan saya sampe dada terasa sesak.. seakan takdir quiz on line bakalan ditunda lagi…
Tapi… Allah ternyata mendengar keluhanku… YM yang memang selalu on line dan setia setiap saat.. menjadi juru selamat dan saya tertolong oleh asisten siluman … iseng-iseng.. saya mengeluh lewat YM sambil menahan sakit di dada dan lengan kanan yang tak tahu penyebabnya…dan pada jam 22.23 wim, saya sudah tidak kuat lagi.. dan saya tinggalkan dunia maya menuju tempat peristirahatan.
Jam 03.03 saya terbangun.. teringat sudah hari Jumat dan moodle quiz belum siap sedia.. langsung menuju laptop dan buka klasiber.uii.ac.id... woww… ternyata.. quizku sudah ada.. dan siap grak!! Alhamdulillah.. masih dengan sakit lengan kanan, saya lanjutkan menambah soal quiz.. sekarang pemisahan materi sudah tidak menjadi masalah lagi… karena asisten siluman.. he..he.. thanks ya..!! Benar-benar siluman Moodle Quiz.. laen kali, jangan cuma jadi asisten siluman ya.. 😉

Read Full Post »

Hari Sabtu, saya ikut kegiatan outdoor activity bersama anak-anak kelas 1 SD M** P***. Kegiatan rutin semesteran kali ini saya ikuti karena tempatnya menarik. Sambil mendampingi anak-anak kelas 1 mengisi LKS, saya mengamati hewan-hewan yang ada di Taman Safari Prigen. Mengamati tingkah polah makhluk Allah yang satu ini emang tidak akan pernah membosankan bagi saya. Meskipun sudah 4 kali sejak kunjungan pertama saya tahun 2004 sampe sekarang.
Sudah banyak sekali perkembangannya, dan sepertinya tidak pernah sepi dari pengunjung. Jumlah hewannya juga sudah banyak banget…ya.. mungkin sudah beranak pinak kali ya… (bahasa apa tuh ya..??).. Yang paling menarik, ternyata hewan-hewan itu tidak hanya bisa makan aja, tapi juga bisa tampil dalam pertunjukan.. wah asyik.. dari mulai jenis burung, beruang, singa, gajah, .. semua punya panggung sendiri..lucu-lucu dan pintar..
Kalo mau tau… liat aja foto-foto hasil jepretan saya itu….

Read Full Post »